Minggu, 03 Februari 2013

C.A.N.T.I.K

6 huruf ini memang sangat simple, tapi jujur saja sangat banyak orang-orang yang berharap dikaruniahkan kata ini.
"CANTIK ITU MAHAL"
itu adalah definisi yang paling sering terdengar tentang kata cantik. tapi sebenarnya makna sesungguhnya dari kata itu apa? apa yag dimaksud dengan kata mahal yang disandingkan dengan kata cantik?

Cantik itu mahal? karena harus beli kosmetik? pelembap? pengharum? penghalus? pemutih? atau apalah? apa itu ? apakah semua itu yang membuat cantik itu mahal?

Cantik itu bukan sesuatu yang bisa dipaksakan, kenapa? karena sekeras apapun kamu memaksanya, akan selalu ada masa dimana kamu sama sekali tidak cantik.

Cantik karena kosmetik? dan pelembap? atau minimal editan aplikasi? apa itu yang dimaksud dengan natural?

"Kalau mau cantik itu harus punya uang?" itu yang terkadang terlontar dari bibir-bibir manusia.

apa bener cantik itu perlu uang? sebanyak apa?

singkat katanya, bagi Tifa, cantik itu memang mahal, tapi kata mahal yang disandingkan disini, bukan berarti banyak uang yang perlu kita keluarkan untuk mendapatkannya.
tapi mahal yang dimaksud disini, lebih mahal dari pada uang-uang yang ada.
cantik yang tifa maksud disini adalah cantik kepribadian, cantik tutur kata, cantik perilaku, yang memang tak bisa ternilai bahkan tidak terjual sakking mahalnya.
cantik dimana kita harus bersabar mendapatkan kulit yang cantik dengan bahan-bahan tradisional bukan yang dipaksa pake pemutih.
Cantik itu sebenarnya tergolongkan atas2.
"jelek dulu, cantik nanti"
atau "Cantik sekarang, jelek nanti"
kenapa? untuk kata yang pertama? jelek dulu cantik nanti, ini membuktikan bahwa seseorang yang berparas biasa saja, natural, tanpa makeup yang sangat tebal, tanpa produk2 pemutih yang ujung2nya merusak, kelak nanti disaat ia tua, kulitnya akan menua secara lambat, bukan secara instan.
cantik yang dimana tak perlu banyak pengeluaran tapi bisa dilihat kecantikan dari segi dalamnya? perilakunya, tuturkatanya, gerak geriknya, kemuliaan hatinya.
lalu bagaimana dengan orang-orang yang cantik sekarang jelek nanti?orang2 yang menggunakan produk kecantikan untuk mendapatkan kecantikan yang instan, tanpa memerdulikan kandungan dalam produk? yang bisa kapan saja membuatnya iritas? terluka? atau bahkan penuaan dini? keriput dini?
dengan kecantikan yang ia dapatkan secara instan, dia akan berfikir bahwa cantik itu mudah, dan kapan saja ia pati bisa bertambah cantik, dengan sekali penggunaan, dengan begitu ia akan bersikp angkuh?
mengeluarkan kata-kata kasar pada orang-orang yang dianggapnya jelek? bersombong ria dengan kecantikannya saat ini, ekcantikan sementaranya. bertingkah dan bersikap dialah yang tercantik dan yang terbaik.
jadi, tinggal kalian pilih mana? cantik sekarang? atau cantik nanti?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar